Cara Berhenti Merokok Total Yang Paling Ampuh Tanpa Obat

Cara Berhenti Merokok Total


Merokok merupakan hal yang paling berbahaya bagi kesehatan. Rokok juga dijual bebas dan bisa dimiliki dengan mudah oleh semua orang.

Penyakit yang dapat ditimbulkan karena rokok banyak sekali, contohnya seperti penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru, serangan jantung, dan masih banyak lagi penyakit yang disebabkan oleh karena rokok. Hal ini disebabkan karena rokok banyak mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya seperti nikotin, tar, benzene, arsenik, metanol, amonia, kromium, kadnium, dan juga karbon monoksida.

Untuk itu, sebaiknya mulai sekarang kita harus bisa berhenti merokok. Berikut beberapa cara untuk berhenti merokok yang dapat kamu lakukan:

1. Ketahui dulu apa yang membuat Kamu ingin kembali merokok

Banyak orang yang merokok karena ingin mengatasi stres. Bila hal ini terjadi pada Kamu, berarti kamu telah mensugesti tubuh Kamu bahwa rokok adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan stres.

Itu artinya bila suatu hari nanti ada suatu hal yang menyebabkan kamu stres setelah berhenti merokok, kemungkinan besar keinginan untuk kembali merokok dapat muncul kembali dan akan sulit untuk dikendalikan. Kebanyakan orang juga berpendapat bahwa berhenti merokok merupakan hal yang dapat menyebabkan stres. Padahal terdapat sebuah riset yang menunjukkan jika mantan perokok aktif merasa dirinya lebih terbebas dari stres ketimbang perokok yang aktif.

Kamu bisa mengatasi stres tanpa menggunakan rokok. Caranya yaitu dengan mengetahui hal apa sebenarnya yang bisa membuat Kamu merasa resah. Misalnya hal itu adalah  deadline pekerjaan di kantor. Lalu kamu harus mencari tahu bagaimana cara membangkitkan semangat kerja Kamu agar tugas tersebut bisa selesai dengan baik dan tepat waktu.

2. Ingat lagi apa yang membuat Kamu berhenti merokok

Kamu harus segera kembali mengingat apa alasanmu berhenti merokok apabila ada suatu hal yang membuat Kamu mulai goyah dan tergoda untuk merokok lagi. Apakah Kamu berhenti merokok karena kesehatanmu mulai menurun? Atau karena kamu mengkhawatirkan kesehatan orang disekitar kamu yang setiap hari terkena asap rokokmu? Kamu bisa menulis semua daftar alasan yang membuat Kamu berhenti merokok dan menempatkan daftar itu pada tempat yang bisa Kamu lihat setiap hari. Hal ini dapat memotivasi diri Kamu untuk tidak tergoda dengan rokok lagi.

Kamu harus ingat, bahwa perubahan yang dilakukan atas dasar keinginan diri sendirilah yang mempunyai tingkat keberhasilan paling tinggi.

3. Ganti hobi merokok dengan yang lainnya

Buatlah diri kamu tetap sibuk, cara ini merupakan salah satu cara berhenti merokok yang cukup efektif. Dengan mencari kesibukan lain, hal itu akan mengalihkan pikiran Kamu dari keinginan untuk merokok. Ada beberapa hal yang lebih sehat yang dapat Kamu lakukan daripada merokok, yaitu:

  • Melakukan oahraga
  • Jalan-jalan keluar rumah mencari udara segar
  • Buatlah tanganmu seibuk mungkin, misalnya bermain di HP atau Komputermu
  • menonton Film atau TV series yang kamu sukai
  • Pergi berlibur atau sekedar makan di restoran bersama teman-teman dan keluargamu yang bukan perokok
  • Pada saat Kamu dalam proses menghikangkan kecanduan terhadap rokok, pasti akan ada keinginan untuk memasukkan sesuatu di dalam mulut Kamu. Itu disebabkan karena Kamu sudah terbiasa menghisap batang rokok sehingga pada saat Kamu tidak merokok lagi, akan terasa aneh bila tidak ada sesuatu di mulut Kamu. Dan kamu bisa mengganti batang rokok yang ada di mulutmu menggunakan permen lollipop.
  • Minumlah air dingin dengan menggunakan sedotan. Pasalnya, menghirup air dingin dengan menggunakan sedotan akan melepaskan dopamin yang merupakan bahan kimia otak yang bisa membantu kamu untuk meringankan suasana hatimu yang buruk.

4. Berikan hadiah pada diri sendiri ketika kamu berhasil

Pada saat Kamu sudah berhasil untuk tidak merokok sama sekali, sebaiknya Kamu memberikan penghargaan kepada dirimu sendiri. Misalnya, uang yang tadinya selalu kamu habiskan untuk membeli rokok, sekarang bisa Kamu sisihkan dan kumpulkan. Apabila kamu hitung total semua uang yang kumpulkan itu ketika sudah setahun berhenti merokok, Kamu bisa pergi berlibur atau pun membeli barang-barang yang Kamu suka menggunakan uang tabungan tersebut.

Jadi, bagaimana artikel tentang cara berhenti merokok secara alami diatas? Cukup mudah bukan untuk dilakukan? Jadi tunggu apalagi, segera berhenti merokok sekarang juga sebelum penyakit yang disebabkan oleh rokok menghampirimu.