10 Cara Bergaul Agar Lebih Disenangi Orang Lain

Cara Bergaul Agar Lebih Disenangi Orang Lain

Setiap orang tentu ingin disenangi oleh banyak orang dan bisa mempunyai banyak teman. Tapi karena setiap orang mempunyai tipe kepribadian yang berbeda-beda, hal itu juga  menyebabkan kebanyakan orang berbeda-beda juga ketika menilai seseorang. Orang-orang yang sering dianggap menyenangkan merupakan orangn yang supel, mudah bergaul, sederhana dan juga easy going. Tipe-tipe orang seperti inilah yang mudah disenangi oleh orang lain, namun tidak demikian dengan orang-orang yang pendiam ataupun pemalu justru dianggap aneh dan sulit untuk disenangi oleh orang lain. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara bergaul agar lebih disenangi oleh orang lain. Berikut pembahasannya :

1. Murah senyum

Keep smile on your face :D Jangan pernah pasang wajah cemberut, ragu-ragu apalagi menutup diri. Sebarkan kebahagiaan yang saat ini kamu rasakan melalui senyuman. Karena senyum ini akan menulari orang-orang yang sedang berinteraksi denganmu sehingga mereka pun akan merasa senang. Murah senyum juga bisa dijadikan sebagai cara membahagiakan diri sendiri dan sekaligus orang lain yang ada di sekitar kamu. Jadi jangan lupa senyum, karena senyum adalah ibadah bukan?

2. Percaya diri

Jadilah orang yang mempunyai percaya diri tinggi, tapi ingat jangan berlebihan. Kepercayaan diri yang kamu miliki dapat menarik orang-orang di sekitarmu dan juga  dapat meninggalkan kesan baik untuk kamu. Kepercayaan diri juga dapat menghilangkan rasa minder dalam bergaul sehingga kamu pun bisa menambah teman lebih banyak lagi.

3. Jadi pendengar yang baik

Dalam berkomunikasi, ada saatnya ketika kamu harus diam dan mendengarkan orang lain berbicara. Pembicaraan sebenarnya tidak hanya berisi tentang dirimu saja. Kamu juga harus mengetahui saat-saat dimana kamu harus menjadi pendengar yang baik sebagai cara supaya disenangi orang lain. Dengan menjadi pendengar yang baik kamu akan disenangi oleh orang lain sehingga kamu pun bisa mempunyai banyak teman yang senang dengan keberadaan kamu.

4. Tunjukkan semangat

Tidak mungkin ada orang yang merasa nyaman dan senang berada di dekat seseorang yang lesu dan lemas. Sama haknya dengan senyuman, mood yang buruk juga dapat mempengaruhi mood orang lain menjadi buruk juga. Oleh karena itu, salah satu cara bergaul agar disenangi oleh orang lain adalah dengan menunjukkan semangatmu kepada mereka. Karena semangat positif yang kamu miliki bisa memberi energi positif kepada orang lain juga dan itu akan membuat keberadaanmu lebih bermanfaat bagi orang lain.

5. Jangan egois

Sebisa mungkin, hilangkan sifat egois yang ada didalam diri kamu. Kamu harus tentu tahu, jika rasa pengertian dan toleransi adalah hal yang sangat dibutuhkan didalam sebuah pergaulan. Kamu harus bisa memahami bahwa orang lain pasti memiliki pemikiran dan keinginan sendiri yang berbeda denganmu. Jadi, sebaiknya kamu tidak perlu terlalu memaksakan keinginanmu. Ada kalanya kamu harus mengikuti pendapat dan juga keinginan orang lain, serta meredam sifat egomu sendiri. Jika kamu bisa melakukan hal itu, tentu kamu akan lebih disenangi oleh orang lain.

6. Tidak pilih-pilih teman

Kamu tentu tahu jika setiap orang pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kamu harus bisa memahami tentang hal ini, sehingga kamu tidak boleh memilih-milih teman hanya karena orang itu memiliki sifat yang tidak kamu sukai. Bila ada orang yang memiliki sifat atau sikap yang tidak kamu sukai, kamu harus bisa menegur dan menasehatinya, jangan malah menjauhinya. Begitu pun sebaliknya, mintalah temanmu untuk mengingatkanmu ketika kamu sedang berbuat salah. Dengan saling mengingatkan antar teman, kamu bisa sedikit demi sedikit merubah kepribadian agar menjadi lebih baik. Ingat, bertemanlah dengan semua orang, jangan menjauhi orang lain hanya karena memiliki sifat yang buruk. Kamu mempunyai kemampuan untuk mengingatkannya agar dia  menjadi lebih baik lagi.

7. Update informasi

Agar kamu menjadi orang yang disenangi dalam pergaulan, tentunya kamu harus menjadi seseorang yang ‘nyambung’ ketika sedang berbicara tentang topik apapun. Tidak ada seseorang yang senang berbicara dengan orang yang tidak mengetahui apapun dan lebih parahnya lagi malah terlalu banyak bertanya karena tidak memahami tentang topik pembicaraan.

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya harus selalu meng-update informasi dan berita yang kamu miliki. Jadilah orang yang berwawasan yang luas sehingga lebih menyenangkan ketika diajak mengobrol. Memiliki wawasan yang luas juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa kurang percaya diri dalam bergaul. Cara ini juga pasti berguna ketika kamu diminta nasehat oleh temanmu saat ingin membuat keputusan.

8. Jangan mudah menghakimi

Sebisa mungkin jagalah perasaan orang lain dan cobalah untuk melihat dari perspektif orang tersebut. Jangan terlalu mudah untuk menghakimi orang lain, karena itu bisa membuat orang lain tersingggung atau sakit hati. Jangan selalu melihat sebuah masalah hanya dari kacamata kamu sendiri. Bersikaplah lebih empati, dengan kamu bisa bersikap lebih empati dan juga penuh pengertian, kamu mungkin dapat membantu seseorang menghadapi masalah mereka yang berat, bukan malah memperkeruhnya.

9. Jadi dirimu sendiri

Bukannya tidak boleh, akan tetapi sebaiknya jangan berusaha untuk menjadi orang lain. Bahkan, akan lebih baik lagi bila kamu bisa mengeluarkan isi pikiranmu dan juga pendapatmu dengan jujur kepada orang lain. Tetapi bila kamu merasa malu untuk mengutarakannya, kamu harus melakukan Cara Menghilangkan Rasa Pemalu dan Pendiam. Tetapi perlu kamu ingat, ketika kamu mengeluarkan pendapat harus selalu berhati-hati memjaga ucapanmu agar tidak sampai menyakiti hati orang lain. Kejujuranmu untuk menjadi diri sendiri tentu akan lebih dihargai dan disenangi oleh orang lain yang ada di sekitarmu.

10. Berjiwa besar

Seseorang yang berjiwa besar akan mudah memaafkan kesalahan orang lain dan juga tidak akan segan untuk meminta maaf jika dirinya telah melakukan kesalahan. Jadi sebaiknya kamu menjadi orang yang berjiwa besar,  karena hal ini akan membuat orang lain merasa senang padamu.