Cara Melatih Otak Agar Menjadi Cerdas dan Tidak Lemot Lagi

Cara Melatih Otak

Otak yang aktif dan cerdas adalah sesuatu yang pasti sangat ingin dimiliki oleh emua orang. Tapi seringkali keinginan itu tidak dapat tercapai karena kita selalu malas untuk melatih otak kita agar terus berfikir. Padahal, melatih otak adalah hal yang termasuk mudah, kita hanya perlu melatihnya berfikir dan tidak bergantung pada orang lain maupun teknologi terus menerus sampai otak kita menjadi terbiasa akan hal itu.

Hal itu akan berdampak positif pada kehidupan kita, karena dengan aktifnya otak, kita tidak akan bertindak dengan ceroboh. Berbeda dengan yang tidak aktif atau otak yang malas, otak yang malas cenderung tidak mau untuk berfikir, yang akhirnya akan mengerjakan sesuatu secara asal-asalan dan hasilnya pun akan buruk.

Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara melatih otak agar membuat otak kita lebih cerdas dan lebih aktif lagi, berikut ulasanya:

1. Mandi Dengan Mata Tertutup

Kita memang akan merasa malas jika melakukan hal yang itu-itu saja. Hal itu disebabkan karena rasa bosan ketika melakukan suatu hal yang sering kita lakukan sehari-hari. oleh karena itu, kamu harus berani mencoba hal yang tidak biasa, misalnya mandi dengan menutup mata. Cara ini mampu meningkatkan daya ingat otak kamu dan juga membugarkan tubuh. Cara ini sudah terbukti berdasarkan jurnal "Alternative and Complementary Therapies".

2. Waktu Tidur yang Cukup

Umumnya setiap manusia membutuhkan waktu tidur selama 8 jam dalam sehari. Dan juga kualitas tidur yang baik ditandai dengan rasa bugar ketika kita bangun tidur. Bila manusia mengalami kekurangan waktu untuk tidur, itu akan mengakibatkan kerusakan pada jaringan otak, hal itu ditandai dengan susah berfikirnya otak. Oleh karena itu, mulai sekarang aturlah waktu tidur dan kualitas tidurmu dengan sebaik-baiknya.

3. Jangan Terlalu Bergantung Pada Teknologi

Memang tidak dapat dipungkiri jika teknologi seperti smartphone dapat membuat otak manusia menjadi malas. Misalnya seorang siswa yang memiliki tugas, bukannya berfikir, tetapi malah searching di Google untuk mencari jawabannya.


Hal ini sudah bisa dijadikan bukti jika teknologi sekarang ini dapat membuat otak kita menjadi malas. So, mulai sekarang latih otakmu untuk berfikir tentang suatu hal, jangan hanya mengandalkan teknologi dari Google.

4. Hindari Mengkonsumsi MSG Secara Berlebihan

Meski Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah mengategorikan MSG sebagai makanan yang aman, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat MSG menjadi berbahya bagi kita.

Pada laman hellosehat, dr Ivena pernah berkta jika selama ini kebanyakan efek samping yang dilaporkan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG memang terjadi pada sistem saraf di otak. Karena itu, MSG secara tidak langsung bisa membuat seseorang jadi ‘lemot’.

Saya sarankan alangkah baiknya untuk mengganti MSG dengan menggunakan bahan dan rempah-rempah yang alami, misalnya seperti kunyit, jahe, lada, cengkeh, kayu manis, kemiri, dan ketumbar.

5. Hidup Bahagia, Hidari Stress

Otak manusia bila digunakan untuk berfikir secara terus-menerus juga tidak baik bagi kesehatan. Salah satu gejala terlalu banyak berfikir yaitu stress. Otak yang terlalu banyak digunakan untuk berfikir akan merasa tertekan, akibatnya akan terjadi depresi. Oleh karena itu, ada saatnya ada saatnya untuk berfikir dan ada saatnya pula untuk bersantai, beristirahat dan bersenang-senang.

Mudahkan cara melatih otak agar cerdas dan tidak lemot? Jika kamu bisa mempraktekan apa yang sudah saya jelaskan diatas, maka otak kamu tidak akan lemot atau malas lagi untuk berfikir. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.






--------------------------------

Keywords: cara mempertajam logika,cara melatih otak menjadi cerdas,pengertian berpikir cepat,cara meningkatkan kemampuan mengingat,game melatih logika,cara meningkatkan kemampuan otak hingga 100,cara membuat otak cerdas menurut islam,makanan agar otak cerdas,kebiasaan yang membuat otak bodoh,game melatih otak,cara membuat otak cerdas dalam waktu singkat,cara tersembunyi membuat otak jadi cerdas,game melatih otak kanan,cara melatih otak tengah,cara mengasah otak agar pintar,ciri otak kanan dan kiri seimbang,cara menggunakan otak kanan untuk menghafal,cara melatih otak kiri kanan menurut islam,cara melatih otak menjadi cerdas,permainan melatih otak kanan,cara melatih otak tengah,game melatih otak,cara melatih otak sebelah kanan,cara berpikir menggunakan otak kanan,game melatih otak kanan,cara mengaktifkan otak kanan dengan cepat,cara menggunakan otak kanan untuk menghafal,cara melatih otak kiri kanan menurut islam